Selasa, 21 Februari 2017

MACAM-MACAM RUBIK DI DUNIA

MACAM-MACAM RUBIK..


Rubik adalah permainan teka-teki mekanik yang dibuat pada tahun 1974 oleh pemahat dan arsitek dari Hungaria bernama Erno Rubik. Rubik standard cube adalah rubik paling populer hingga saat ini, dan semakin berkembangnya zaman rubik kini telah berkembang hingga bermacam - macam bagian dan tingkatan kesulitan sekaligus. Ditulisan kali ini saya akan membahas tentang macam-macam Rubik dan varian diseluruh dunia.

1. Standard Cube - memiliki varian (3x3x3), disebut juga Rubik Cube karena rubik ini diciptakan pertama kali oleh Erno Rubik. Memiliki ukuran 5,6 cm³ dan paling populer hingga saat ini, serta rubik ini juga bisa dicari dimana-mana. Rubik ini juga memiliki beberapa type yang didesain sesuai kebutuhan.

2. Master Cube - memiliki varian (4x4x4), pertamanya memiliki sebutan Rubik Revange, dan Rubik ini diciptakan Peter Sebesteny pengembang rubik cube dengan kesulitan lebih tinggi. ukuran standardnya adalah 6,5 cm³, serta memiliki beberapa model desain yang berebeda-beda.

3. V-Cube 6 - memiliki varian (6x6x6), diciptakan oleh Panagiotis Vardes. Memiliki 156 puzzle bila dipisah-pisahkan. Ukuran standar rubik ini 6,9 cm³.

4. V-Cube 7 - memiliki varian (7x7x7), rubik ini merupakan pengembangan dari rubik V-cube 6. Vardes tidak hanya menambah jumlah puzzle, tetapi juga merubah bentuk hingga nampak menonjol. Rubik ini memiliki tingkat kesulitan paling kompleks. Ukuran standard dari rubik ini 7,2 cm³.

5. Pocket Cube - memiliki varian (2x2x2) disebut juga mini cube, dengan tingkat kesulitan lebih rendah. Tercatat bahwa rekor tercepat rubik ini mencapai waktu kurang dari 1 detik yaitu dipegang oleh Erik Akkerdijsk. Rubik ini juga memiliki beberpa desain yang sesuai dengan kebutuhan.

6. Fisher Cube - pengembangan dari standard cube 3x3x3. Rubik ini didesain dengan arah berbeda dari rubik cube, sehingga dapat diputar secara diagonal.

7. Void Cube - memiliki kesamaan dengan Standard Cube. Namun Void Cube memiliki lubang dan tembus pada bagian center tile-nya, sehingga untuk solving menjadi lebih sulit. Rubik ini diciptakan oleh Katsuki Othomoto.

8. Squere - Twist puzzle yang benar - benar unik bentuknya, sehingga saat kita mengacaknya akan membentuk keunikan. Rubik ini diciptakan oleh Karel dan Kopsky. Rubik ini memiliki beberapa kali pengembanganya antara lain Squere 1 - Super Squere 1 - Squere 2.

9. Miror Cube - rubik ini juga pengembangan dari standard cube. Namun rubik ini lebih unik, karena bila diacak akan membentuk bidang yang bagus. Metode solvingnya tidak berdasar warna, melainkan dari bentuk.

10. Skewb - diciptakan oleh Tony Durham. Menjadi salah satu varian cube populer. Banyak yang mengembangkan rubik ini karena mekaniknya yang unik. Pengembangan Skewb antara lain Skewb - Dino Cube - Master Skewb - Master Dino Cube - Windmill Cube - Helicopter Cube.

11. Floppy Cube - pada dasarnya rubik ini memiliki ukuran puzzle yang sama, namun jumlah antara sisi yang berbeda. Floppy Cube juga menglamai perubahan dari Floppy Cube - Domino Cube - Slim Tower - Phantom Cube - Grown Tower.

12. Pyramid Cube - memiliki bentuk limas segitiga seperti piramida. Memiliki beberapa bentuk dan jmlah puzzle yang berbeda - beda antara lain Piraminx - Master Piraminx - Pyramorphix - Master Pyramophix.

13. Ultimate Cube - adalah sebutan untuk rubik yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi. Rubik ini merupakan pengembangan dari rubik - rubik sebelumnya. Sehingga memiliki jumlah puzzle yang lebih dan rumit. Rubik ini antara lain Skewb Ultimate, Megaminx, Holeymegaminx, Pyraminx Cristal, Flowerminx, Gigaminx, Teraminx.

SUMBER: http://einsdesign.blogspot.co.id/2013/07/macam-macam-rubik-di-dunia.html

0 komentar:

Posting Komentar